https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ANALISIS PERILAKU MENGHINDARI IKLAN PADA PEMIRSA TELEVISI DI PURWOREJO | Ekowati | SEGMEN: Jurnal Manajemen dan Bisnis

ANALISIS PERILAKU MENGHINDARI IKLAN PADA PEMIRSA TELEVISI DI PURWOREJO

Titin Ekowati, Wijayanti Wijayanti, Fitri Rahmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola-pola perilaku menghindari iklan bagi pemirsa televisi ketika mereka sedang menonton sebuah acara di televisi.  Penelitian ini menggunakan desain fenomenological research. Responden dalam penelitian ini adalah pemirsa televisi yang ada di kota purworejo yang pernah melihat tayangan iklan teh sariwangi. Peneliti ini mengambil sebanyak 10 orang responden untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mempunyai kecenderungan untuk melakukan perilaku menghindari iklan dengan berbagai cara yaitu dengan zapping, zipping, grazing, partial avoiding, total avoiding, positive belief toward TV Advertizing dan negatif belief toward TV Advertizing. Perilaku menghindari iklan tersebut muncul karena dipicu oleh faktor menguatnya orientasi masa lalu yang mengindikasikan bahwa individu lebih beranggapan iklan di televisi berdampak negatif untuk berbuat konsumtif dan materialis. Faktor yang lain adalah munculnya keyakinan negatif terhadap iklan televisi karena iklan hanya akan menimbulkan perilaku konsumtif dan materalis dan hidup dalam fantasi.

Kata Kunci : zapping, zipping, grazing, partial avoiding ataupun total avoiding, positive belief towardTV Advertizing dan negatif belief toward TV Advertizing

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v16i1.6117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.